Berbagai Dukungan Yang di Dapat Misbakhun Terkait Kasus Misbakhun Korupsi

Sumber: Google

Dukungan terus datang kepada Misbakhun, saat beliau di terpa kasus Misbakhun korupsi. Kolega juga membantu dengan berusaha menyakinkan MA untuk melakukan Peninjauan Kembali, karna menurut mereka kasus Misbakhun adalah kesalahan dan kasusnya adalah kasus perdata.

“Dukungan terhadap Misbakhun mengalir karena proses hukum terhadap dirinya tidak murni . Ada dugaan manuver politik dibaliknya,” ujar pengamat politik, Sebastian Salang.

Tidak hanya itu dukungan dari para legislator juga mengalir deras lantaran mereka mencurigai adanya upaya mencari-cari kesalahan para inisiator Hak Angket Century.

Sebastian tidak heran dengan adanya berbagai dukungan solidaritas dari para anggota DPR terhadap kasus Misbakhun. Tujuan dari tindakan ini adalah mendorong agar pria asal Pasuruan, Jawa Timur itu diproses secara adil.

“Di sini ada proses hukum yang tendensius dan sebetulnya ada upaya pencarian kesalahan inisiator Hak Angket Century. Tidak cuma ke Misbakhun tapi juga ke orang lain,” ungkapnya. 

Sebelumnya, Misbakhun menolak menandatangani berita acara penahanan, penangkapan, dan pemberitahuan penangkapannya. “Saya ditahan karena saya melawan SBY,” kata Misbakhun. 

Hal terseut diungkapkan kembali oleh pengacaranya Luhut Simanjuntak saat bertemu Komisi III DPR. Luhut sempat menunjukkan dokumen berita acara tersebut sambil menyatakan alasan kasus Misbakhun yang tertulis jelas di dokumen itu.

Kedatangan Luhut bersama anggota tim pengacara Misbakhun lainnya guna meminta perlindungan hukum dari DPR sekaligus dukungan penangguhan penahanan atas politisi PKS itu. 

Kunjungan ini membuahkan hasil karena 33 anggota DPR bersedia menandatangani jaminan penangguhan penahanan Misbakhun.

Kepada Komisi III, Luhut menjelaskan bahwa kasus Misbakhun ini adalah perkara perdata yang diubah menjadi pidana. Hal itu juga telah disampaikan kepada penyidik Polri saat pemeriksaan.

Luhut enggan menanggapi apakah dalam kasus Misbakhun  korupsi ini ada intervensi dari Istana. Luhut hanya membacakan 6 fraksi tersebut yang anggotanya menjaminkan diri untuk penangguhan penahanan Misbakhun.

Comments