Tips Cara Alihkan Perhatian Anak Dari Kecanduan Gawai

Sumber: Google

Sebagai orang tua pasti lhawatir jika anak terlalu sering dan akhtif menggunakan gawai. Terlalu sering bermain atau menggunakan gawai bagi anak tentu saja bukan hal yang baik, terutama bagi pertumbuhannya. 

Tetapi sebagai orang tua lebih sering tidak tega terutama jika anak menangis meminta gawai atau "HP"
sebagai orang tua pasti lebih memilih untuk memberikan gawai agar anak tidak menangis. Mengamil atau menyetop secara paksa itu juga bukan hal baik dilakukan kepada anak.

Untuk itu ada beberapa hal atau tips untuk mengalihkan perhatian anak dari gawai. Berikut tips mengalihkan perhatian anak dari hp/gawai:

Ketahui kegiatan anak-anakmu di internet 

Jika kamu berpikir menyerahkan smartphone atau video game dapat membuat anak-anakmu jadi lebih tenang sehingga memberimu waktu untuk fokus pada pekerjaan lain, maka ini dapat menjadi boomerang bagimu. Oleh karena itu, anak-anak dapat mengunjungi situs web yang tidak pantas atau merusak gadget yang mereka gunakan jika kamu tidak ada. 

Jika demikian, kamu perlu memastikan terlebih dahulu kegiatan anak-anakmu saat berselancar di internet. Hanya dengan begitu, kamu dapat memandu penggunaan internet yang lebih baik dan sesuai. 

Tetapkan beberapa aturan dan pedoman

Untuk membuat anak-anakmu mengembangkan kebiasaan yang lebih baik dalam menggunakan internet atau teknologi lainnya, kamu dapat menetapkan beberapa pedoman dan aturan untuk mereka. Misalnya, kamu dapat memperbaiki slot waktu di mana mereka akan berinteraksi dengan teknologi.

Sebagai orangtua, kamu perlu memahami bahwa ketika teknologi dan media tidak digunakan dengan cara yang tepat, hal-hal yang salah dapat terjadi dan membahayakan anak-anak Anda dengan cara yang tidak terduga. 

Libatkan Mereka dalam komunikasi tatap muka

Ketika anakmu tepengaruh dengan game, kamu mungkin tidak dapat berkomunikasi dengan mereka karena dianggap menganggu. Maka, selalu buat kegiatan rutin untuk bisa membuat anak berkomunikasi banyak denganmu.

Misalkan jika kamu menonton pertunjukan, maka kamu dapat mengajukan beberapa pertanyaan terkait pertunjukan dan pemeran. Kamu dapat memunculkan beberapa topik baru untuk didiskusikan dengan anak, dan dengan demikian itu mencegah mereka dari kecanduan teknologi.

Tetap awasi

Selain mengetahui apa yang dilakukan anak-anak melalui internet, kamu perlu memastikan apakah anak-anakmu terlalu banyak terlibat berinteraksi dengan teknologi. Misalnya, jika anak-anakmu selalu sibuk menonton televisi, bermain game di laptop atau komputer, mendengarkan lagu hanya melalui I-pod atau headphone atau tetap terobsesi dengan jam tangan pintar mereka. 

Setelah kamu melihat dari dekat bagaimana anak-anak memanfaatkan teknologi, kamu dapat memastikan bahwa mereka menggunakannya saat dibutuhkan dan menghindari menggunakannya secara tidak perlu. 

Berpartisipasi saat anak menonton

Saat kamu melihat anak-anakmu menonton sesuatu di laptop, smartphone atau layar televisi, cobalah untuk berpartisipasi di dalamnya. Awalnya, anak-anak mungkin menunjukkan ketidaksukaan mereka atas hal ini, tetapi kamu dapat menjelaskan kepada mereka betapa baiknya menonton bersama. 

Menonton bersama dan bermain bersama dapat membantumu membangun ikatan dan mempelajari hal-hal baru. Misalnya, jika kamu bermain video game dengan anak-anakmu, maka akan terjalin sikap sportif. Sementara itu, kamu juga dapat berbagi pengalaman hidupmu dengan mereka.



Sumber: Akurat.co


Comments