Dampak Pada Kulit Jika Tidur Tidak Teratur

Sumber: Google

Kurang tidur dapat menyebabkan beberapa pengaruh buruk pada tubuh sampai dengan kondisi kulit. Dr Priyanka Reddy seorang ahli kosmetologi mengatakan pentingnya untuk seseorang memiliki tidur yang cukup untuk mendapatkan kulit yang sehat.

"Kurang tidur mempengaruhi tingkat kelembaban dan pH kulit, sehingga membuat kulit kering dan dehidrasi," ujarnya.

Menurut dirinya dehidrasi menyebabkan 2 dampak :

  1. memperburuk kondisi kulit tertentu seperti jerawat, peradangan dan kemerahan.
  2.  memiliki dampak estetika yaitu mempercepat proses penuaan, karena kulit dehidrasi kehilangan elastisitasnya jauh lebih cepat yang menyebabkan penuaan dini.
Waktu tidur yang kurang baik berdampak pada kulit sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Clinics Dermatology, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan hormon stres seperti kortisol dalam tubuh yang meningkatkan keparahan kondisi kulit yang meradang.


"Kulit kering dan dehidrasi dapat diobati dengan mengikuti rutinitas perawatan kulit yang tepat seperti pengelupasan, pelembab, dan pengencangan langkah terpenting adalah pelembab," katanya.

Jadi, gunakan pelembab sesuai dengan jenis kulit. Kamu juga dapat melakukan perawatan untuk membantu meningkatkan hidrasi kulit dari dalam. Jika masalahnya parah, konsultasikan dengan dokter kulit.

Tidak hanya tidur yang cukup, sebenarnya tidur berlebihan juga tidak baik, sebab dapat menyebabkan sel-sel kulit cepat rusak dan menyebabkan kulit dehidrasi. Maka dari itu, lebih baik orang dewasa tidur setidaknya 6 hingga 7 jam tidur saja. Pas.

Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa manfaat tidur cukup dan nyenyak untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Mengurangi kerutan

Kulit membuat kolagen baru ketika kamu tidur, yang dapat mencegah kendur. Lebih banyak kolagen berarti kulit lebih sehat.

Mata lebih sehat

Lingkaran hitam atau kantung mata di bawah mata adalah akibat langsung dari jam tidur yang terlalu sedikit. Maka, cara yang benar ketika tidur pada malam hari adalah tinggikan kepala dengan bantal ekstra untuk membantu mengurangi pembengkakan pada pagi harinya.

Rambut yang lebih sehat

Jika tidur dengan nyenyak dan teratur, rambut akan mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral dan aliran darah pun lancar. Tidur nyenyak juga sama saja memberikan makanan yang baik untuk rambut.

Tidak hanya itu, Dr Priyanka Reddy juga menyarankan langkah-langkah mudah yang harus dilakukan sebelum tidur agar tidur lebih cepat, nyenyak dan juga berkualitas.

Ia menganjurkan untuk tidak makan sesaat sebelum tidur. Pastikan makan tiga jam sebelum tidur. Lalu sebelum tidur, minimal satu jam tidak usah menonton televisi dan juga menggunakan smartphone.

Setengah jam sebelum tidur, redupkan lampu agar tidur lebih nyenyak. Biasakan juga untuk rutinitas tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Tidurlah di bawah selimut hangat di ruangan yang sejuk, gelap, dan sunyi. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

Lalu, gunakan seprai katun karena memudahkanmu bernafas dan cuci secara teratur agar tidak terdapat tungau, debu dan bakteri.




Sumber: Akurat.co

Comments